TAJ MAHAL

fog-taj-mahal

Tāj Mahal (bahasa Urdu: تاج محل, Hindi: ताज महल) adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri keduanya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka.

dscf04771

Taj Mahal Terancam Punah

TAJ MAHAL, salah satu dari 7 keajaiban dunia yang tercipta karena keagungan cinta seorang suami `Shah Jahan` terhadap istrinya `Mumtaz Mahal` terancam rusak dan punah!

`Sampah` menjadi ancaman untuk bangunan yang satu ini. Bau yang menyengat sangat mendominasi lingkungan sekitar Taj Mahal. Sungainya dipenuhi oleh sampah dan udara sekitar sudah tercemar polusi udara. Orang-orang India sangat berharap Taj Mahal yang berlapis marmer putih ini tetap menjadi salah satu keajaiban dunia. Bangunan yang memakan waktu selama 17 tahun dalam pengerjaannya sekaligus melibatkan 20.000 tenaga kerja ini terancam punah dan memang sudah tercemar polusi udara serta sampah.

“Jika hal ini terus berlanjut, Taj Mahal akan punah” kata K.S. Rana, selaku ketua penyelenggara kampanye `Selamatkan Taj Mahal`, yang berlokasi dikota Agra sekitar 4 jam dari New Delhi jika ditempuh dengan berkendara. “Karena berbagai polusi, maka Taj Mahal akan mengalami kerusakan lingkungan yang sangat serius.” lanjutnya.

Awal tahun ini, Badan Komite Parlemen India mengatakan bahwa polusi udara disekitar Taj Mahal meningkat tajam dan sudah memberikan lampu kuning sebagai tanda untuk siaga. Tetapi badan komite juga mengatakan selagi polusi udara hanya mengandung zat dioksida sulfur dan zat oksida nitrogen tidak perlu terlalu cemas itu merupakan hal yang biasa.

Pemerhati lingkungan dan ahli sejarah khawatir kalau monumen putih yang bersinar itu akan menjadi hitam dan kotor akibat asap-asap yang menyelimuti daerah sekitarnya. Sugam Anand, ketua sejarawan yang mengepalai departemen sejarah di Universitas Agra, mengatakan Taj Mahal telah menderita `penyakit kuning` dan butuh pengobatan secepatnya.

Pihak berwenang melakukan berbagai usaha untuk menjaga wilayah sekitar Taj Mahal terbebas dari polusi, salah satunya selalu memantau bahaya udara dikota Agra yang berpenduduk hampir 4 juta jiwa ini.

taj-mahals

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: